Whitcomb L. Judson (1836-1909) adalah seorang penemu Amerika Serikat, lahir di Chicago, Illinois. Whitcomb terkenal akan penemuan pendahulu ritsleting modern pada tahun 1893, yang disebutnya pengunci gesper (Disempurnakan oleh menantunya Gideon Sundbäck yang berdarah Swedia). Ia juga menemukan Pneumatic Street Railway. Sepanjang hidupnya, ia mendapatkan paten untuk ritsleting, pengembangan rem motor dan KA. Ia juga membuat sejumlah pengembangan mobil, yang membuat anaknya menjadi jutawan.
Whitcomb_JudsonWhitcomb Judson hidup di zaman itu, dan kebetulan ia bukan termasuk ke dalam orang yang sabar. Untuk memakai sepatu kadang menghabiskan waktu lebih dari 15 menit, sungguh pekerjaan yang sangat menyebalkan. Berkat ‘ketidaksabaran’ nya, ia pun mencari ide bagaimana caranya memakai sepatu dengan cepat. Ia pun menemukan alat yang yang ia sebut pengait untuk mengunci dan membuka sepatu. Alat ini terdiri dari dua rantai metal tipis yang dapat disatukan dengan menarik sebuah slider ditengah-tengahnya. Alat ini dipatenkan tahun 1893. Hanya saja, penemuan Judson ini tidak bekerja baik. Alat ini kadang sering macet, terlepas atau bahkan terbuka sendiri. Judson putus asa tapi ia tidak menyerah. Ia yakin suatu saat penemuannya akan terkenal.
Tahun 1896, Judson bergabung dengan Kolonel Lewis Walker. Dari Walker-lah timbul ide untuk mempergunakan alat itu pada macam-macam benda, tidak hanya pada sepatu. Tahun 1910, Judosn merancang alat perekat baru yang telah diperbaiki. Alat itu disebut C-Curity dan dijual dengan harga 35 sen. Alat ini tidak digunakan untuk alas kaki, tapi untuk celana panjang dan rok wanita. Setelah bertahun-tahun, alat temuan Judson ini mulai terkenal. Kegunaannya pun meluas, tidak hanya untuk sepatu atau pakaian saja. Hanya saja, alat ini tidak punya nama.
Judson lahir di Chicago, Illinois pada 7 Maret 1846. Menurut sensus tahun 1860, ia tinggal di Illinois, dan bertugas di tentara Union. Dia terdaftar pada tahun 1861 di Oneida, Illinois di Forty Kedua Illinois Kavaleri. Judson menghadiri Knox di kampung halamannya Galesburg, Illinois . Dia ditemukan di Minneapolis, Minnesota, pada tahun 1886. Pada tahun 1886 dan 1887 direktori kota Minneapolis mengidentifikasi Judson sebagai "agen perjalanan" - sebuah salesman bekerja mungkin untuk Pitts Pekerjaan Pertanian. Beberapa tahun kemudian Judson mulai bekerja untuk Earle Manufacturing Company dengan Harry L. Earle sebagai kepala perusahaan. Judson menjual pemotong band dan timbangan gandum bagi mereka bersama dengan barang-barang lainnya sebagai salah satu salesman mereka. Jalan kereta api
Judson mulai usahanya membuat penemuan sekitar 1888 ke 1889. Konsentrasinya adalah pada penemuan untuk "jalan kereta api pneumatik". Penemuan yang dipatenkan pertama adalah untuk "gerakan mekanis" yang terkait dengan itu. Pada tahun 1889 Judson memperoleh enam paten yang berhubungan dengan konsep dari jalan kereta api dengan udara terkompresi. Konsep ini mirip dengan sistem kereta kabel tetapi dengan piston ditangguhkan bawah railcar tersebut.
Judson adalah penemu yang dianugerahi 30 hak paten atas karir selama enam belas tahun. Ia menerima empat belas paten atas ide-ide kereta api jalan sebelum penemuan paling penting, sebuah pengikat rantai-lock. Ini adalah pendahulu untuk modern zipper yang dikembangkan dan diciptakan pada tahun 1890. Judson diakui sebagai penemu ritsleting. Ia juga menemukan "gesper-ganti" mesin produksi otomatisasi yang membuat perangkat pengikat nya tidak mahal. Ada banyak masalah teknis dalam membuat "gesper-loker" namun perangkat pengikat logam ritsleting Judson ini disebut "gesper-ganti" pada zamannya, bukan zipper - yang muncul bertahun-tahun setelah kematiannya.
"Gesper locker" adalah pengikat hook-dan-mata rumit dengan susunan kait dan mata dijalankan oleh "panduan" untuk menutup dan membuka item pakaian. Aplikasi pertama adalah sebagai pengikat sepatu dan ada yang menyebutkan di paten untuk aplikasi mungkin untuk korset, sarung tangan, tas surat, dan "umumnya digunakan untuk dilepas dan menghubungkan sepasang bagian fleksibel yang berdekatan." Paten ritsleting pertama Judson ini diterapkan untuk bulan November 1891. Pada saat itu Kantor Paten Amerika Serikat tidak memerlukan model kerja dari paten. Namun, penemuannya hampir ditolak oleh asisten paten pemeriksa Thomas Hart Anderson karena sudah ada beberapa jenis pengencang sepatu sudah dipatenkan. Dia mengajukan hak paten kedua pada versi perbaikan untuk item yang sama sekitar sembilan bulan kemudian sebelum disetujui. Yang telah ditingkatkan
Setelah dilakukan beberapa perubahan, akhirnya pengajuan paten tersebut disetujui pada Mei 1893 bersama dengan versi perbaikan. Ketika dua paten akhirnya dikeluarkan pada tanggal 29 Agustus dengan 378 orang lain hari itu, mereka menerima nomor USP 504.038 (pertama) dan USP 504.037 (kedua). Paten ini menjelaskan beberapa desain dari "gesper-ganti". Dalam paten desain kemudian pengikat itu berbicara tentang unsur-unsur yang berlawanan di setiap sisi yang identik dengan satu sama lain dan cocok bersama dengan menarik dari "pintles" dan "soket." Dalam patennya USP 557.207 1896 adalah deskripsi yang cukup banyak seperti ritsleting modern yang kita miliki saat ini.
Setiap link dari masing-masing rantai tersedia baik dengan bagian kopling pria dan wanita, dan ketika rantai yang digabungkan bersama-sama bagian perempuan dari setiap link pada satu rantai bergerak dengan bagian laki-laki dari link di rantai lain. Pada tahun 1893 Judson memamerkan penemuan barunya di Pameran Dunia Chicago. Judson meluncurkan Universal Fastener Company untuk memproduksi penemuan barunya, bersama-sama dengan Harry L. Earle dan Lewis Walker. Universal Fastener Company dimulai di Chicago dan kemudian pindah ke Elyria, Ohio. Kemudian pindah ke Catasauqua, Pennsylvania , dan kemudian ke Hoboken, New Jersey. "Gesper-ganti" Judson sukses secara komersial pada awalnya. Dia akhirnya tidak pernah melihat banyak keberhasilan dalam "gesper-ganti" sebagai item fashion selama hidupnya. Judson membuat "C-curity" gesper-ganti pengikat pada tahun 1905 yang merupakan versi perbaikan dari paten sebelumnya.
Pada tahun 1913 ritsleting diperbaiki oleh insinyur Swedia-Amerika, Gideon Sundback, dan juga oleh Catharina Kuhn-Moos Eropa. Sundback berhasil mendesain ulang pengikat Judson ke dalam bentuk yang lebih ramping dan dapat diandalkan disebut "Talon." Otomatis Hook dan Perusahaan Eye kemudian berubah nama menjadi Hookless Fastener Company. Pada tahun 1937 Hookless Fastener Company menjadi Talon, Inc.
0 Comments
Post a Comment