Bartolomeo Cristofori di Francesco lahir pada tanggal 4 Mei 1655, merupakan seorang pembuat alat musik Italia, sekaligus sebagai penemu instrumen piano. Cristofori lahir di Padua, Republik Venesia. Tidak ada yang diketahui dari kehidupan awalnya. Ada peristiwa yang paling penting dalam hidup Cristofori yang terjadi pada tahun 1688, saat usianya mencapai 33 tahun, ia direkrut untuk bekerja pada Pangeran Ferdinando de Medici.
Ferdinando adalah seorang pangeran pecinta dan pelindung musik, anak, dan ahli waris dari Cosimo III, Grand Duke of Tuscany. Ferdinando sedang mencari teknisi baru untuk mengurus banyak instrumen musiknya karena pegawai sebelumnya baru saja meninggal. Namun, tampaknya pangeran ingin mempekerjakan Cristofori tidak hanya sebagai teknisi, tetapi secara khusus sebagai inovator dalam instrumen musik.
Hal ini tidak mengejutkan jika Cristofori pada usia 33 tahun sudah menunjukkan bakat sebagai inventor yang menjadikannya terkenal. Akhir dari abad ke-17, Cristofori telah menemukan dua instrumen keyboard sebagai pendahuluan sebelum ia memulai karyanya pada piano. Instrumen ini didokumentasikan dalam inventarisasi yang tercatat pada tahun 1700, dari sekian banyak instrumen yang disimpan oleh Pangeran Ferdinando.
Piano paling awal ciptaan Cristofori disebut pianoforte. Seperti yang ditulis dalam sebuah catatan oleh seorang penyair dan wartawan bernama Scipione Maffei, yang pada tahun 1711 mendeskripsikan instrumen ciptaan Cristofori sebagai sebuah “gravicembalo col piano e forte” (harpsichord dengan gradasi keras dan lembut). Pertama kali disebut dengan nama akhirnya saja, yaitu pianoforte. Sebuah prasasti kontemporer yang dibuat oleh pemusik istana Florentine, Federigo Meccoli juga mencatat bahwa “arpi cimbalo del piano e’ forte” pertama kali dibuat oleh Cristofori pada tahun 1700.
Hal ini memberikan sebuah informasi yang tepat tentang tahun kelahiran instrumen piano.Cristofori meninggal pada tanggal 27 Januari 1731 dalam usia 76 tahun. Saat ini setidaknya ada tiga piano karya Cristofori disimpan di berbagai museum. Satu disimpan di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan 1722), dan satu di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan 1726).
Cristofori lahir di Padua di Republik Venesia . Tidak ada yang diketahui dari kehidupan awal. Sebuah kisah diceritakan bahwa ia menjabat sebagai magang ke pembuat biola besar Nicolò Amati , berdasarkan penampilan dalam catatan sensus 1680 dari sebuah hidup "Bartolomei Christofaro" di rumah Amati di Cremona . Namun, seperti Stewart Serbuk sari menunjukkan (lihat Referensi di bawah), orang ini tidak dapat Bartolomeo Cristofori, karena sensus mencatat usia 13 tahun, sedangkan Cristofori menurut catatan baptisnya akan menjadi 25 pada saat itu. Serbuk sari juga meragukan keaslian cello dan instrumen double bass kadang-kadang dikaitkan dengan Cristofori.
Mungkin peristiwa yang paling penting dalam hidup Cristofori adalah yang pertama yang kita memiliki catatan apapun: pada tahun 1688, pada usia 33, ia direkrut untuk bekerja untuk Prince Ferdinando de Medici . Ferdinando, pecinta dan pelindung musik, adalah anak dan ahli waris dari Cosimo III , yang merupakan salah satu yang terakhir dari Dukes Grand Tuscany . Tuscany pada waktu masih sebuah negara merdeka yang kecil.
Tidak diketahui apa yang menyebabkan Ferdinando untuk merekrut Cristofori. Pangeran pergi ke Venice pada tahun 1688 untuk menghadiri Karnaval , maka ia mungkin telah bertemu Cristofori melewati Padua dalam perjalanan pulang. Ferdinando sedang mencari teknisi baru untuk mengurus banyak instrumen musiknya, incumbent sebelumnya karena baru saja meninggal. Namun, tampaknya mungkin bahwa Pangeran ingin menyewa Cristofori tidak hanya sebagai teknisi, tapi khusus sebagai inovator dalam alat musik. Akan mengherankan jika Cristofori pada usia 33 tidak sudah menunjukkan cipta untuk inilah dia kemudian menjadi terkenal.
Bukti-semua-yang mendalam Cristofori mungkin telah disewa sebagai penemu adalah sebagai berikut. Menurut Stewart Serbuk sari , sudah ada sejumlah individu yang berkualitas di Florence yang bisa mengisi posisi, namun Pangeran melewati mereka berakhir, dan membayar Cristofori gaji yang lebih tinggi dari pendahulunya. Selain itu, catatan Serbuk sari, "anehnya, [di antara banyak tagihan Cristofori disampaikan kepada majikannya] tidak ada catatan tagihan diajukan untuk Cristofori pianofortes ... Ini bisa berarti bahwa Cristofori diharapkan untuk menyerahkan buah dari eksperimen ke pengadilan . " Terakhir, Pangeran itu ternyata terpesona dengan mesin (dia mengumpulkan lebih dari empat puluh jam, selain berbagai macam alat musik yang rumit), dan dengan demikian akan secara alami tertarik pada tindakan mekanis rumit yang merupakan inti dari pekerjaan Cristofori pada piano .
Wawancara Maffei yang melaporkan memori Cristofori dari percakapannya dengan sang pangeran saat ini:
che fu detto al Principe, che non volevo; rispos 'Egli Il Faro volere io. yang Giuliana Montanari (referensi di bawah) diterjemahkan sebagai:
Pangeran diberitahu bahwa saya tidak ingin pergi, ia menjawab bahwa ia akan membuat saya ingin
Hal ini menunjukkan bahwa Pangeran itu mungkin merasa bahwa Cristofori akan menjadi merekrut hadiah dan mencoba pesona dia untuk menerima tawarannya; konsisten lagi dengan pandangan bahwa Pangeran berusaha untuk merekrutnya sebagai penemu. Dalam hal apapun, Cristofori setuju untuk pengangkatan, untuk gaji 12 scudi per bulan. Dia pindah agak cepat ke Florence (Mei 1688; wawancara pekerjaan telah terjadi pada Maret atau April), dikeluarkan sebuah rumah, lengkap dengan peralatan dan peralatan, oleh administrasi Grand Duke, dan mulai bekerja. Untuk Pangeran, ia disetel, dipelihara, dan diangkut instrumen; bekerja pada berbagai penemuan, dan juga melakukan pekerjaan restorasi pada Harpsichord tua berharga.
Pada saat ini, Dukes Grand Tuscany mempekerjakan staf besar dari sekitar 100 perajin, yang bekerja di Galleria dei Lavori dari Uffizi . Ruang kerja awal Cristofori mungkin di daerah ini, yang tidak menyenangkan hatinya. Dia kemudian mengatakan kepada Maffei: che da principio durava fatica iklan andare Nello stanzone di questo strepito Sulit bagi saya untuk harus pergi ke ruang besar dengan semua yang kebisingan (tr. Montanari) Cristofori itu akhirnya mendapatkan bengkel sendiri, biasanya menjaga satu atau dua asisten yang bekerja untuknya.
Selama tahun-tahun sisa abad ke-17, Cristofori menemukan dua instrumen keyboard sebelum ia mulai karyanya pada piano. Instrumen ini didokumentasikan dalam inventarisasi, 1700 tanggal, dari banyak instrumen yang disimpan oleh Pangeran Ferdinando. Stewart Serbuk sari dugaan bahwa persediaan ini disusun oleh seorang musisi bernama Giovanni pengadilan Fuga, yang mungkin menyebutnya sebagai sendiri dalam sebuah surat 1716.
Para spinettone , Italia untuk "Spinet besar", adalah, besar multi-choired Spinet (harpsichord dimana string miring untuk menghemat ruang), dengan disposisi 1 8 x ', 1 x 4'; spinets paling memiliki disposisi sederhana 1 x 8 '. Penemuan ini mungkin telah dimaksudkan untuk masuk ke dalam pit orkestra yang padat dengan pertunjukan teater, sementara memiliki suara lebih keras dari alat multi choired. Penemuan lain (1690) adalah sangat asli Spinet oval , semacam perawan dengan string terpanjang di tengah kasus ini.
0 Comments
Post a Comment