Biodata John Myung


Nama panjangnya John Ro Myung yg lahir di kota Chicago, pada tanggal 24 Januari 1967. John Myung keturunan dari orang tua Korea-Amerika yg tinggal di Kings Park-New York. Sejak usia 5 thn, John Myung belajar bermain biola. Dan ketika memasuki usia 15 thn, John Myung mulai bermain bass yg saat itu dia gabung bersama band yang membutuhkan pemain bass. John Myung sekolah di SMA Berklee College of Music dan disitu bertemu dgn John Petrucci.

Setelah berteman dgn John Petrucci, John Myung juga akrab dgn Mike Portnoy yg juga sekolah disana. Dari keakraban mereka ber 3, akhirnya sepakat membentuk band yg bernama Majesty di thn 1985. Mereka ber 3 merekrut Kevin Moore dan Chris Collins. Tak lama kemudian namanya berubah menjadi Dream Theater yg akhirnya terkenal di seluruh dunia. Dream Theater menjelma menjadi band Progressive Metal yg sangat berkualitas dgn skill yg luar biasa dari semua personilnya.

Di saat masih bersana Dream Theater, John Myung ternyata membuat band sampingan yg dinamakan Platypus di thn 1997 bersama Rod Morgenstein, Ty Tabor dan Derek Sherinian. Namun sayangnya band tsb bertahan cuman 3 thn saja dan sekarang dianggap bubar. Di thn 1997, para personil Dream Theater membentuk band bayangan Dream Theater yg dinamakan Nightmare Cinema. Hampir semua personil memakai alat musik yg berbeda beserta namanya juga, dan contohnya adalah John Myung memakai nama Juice Malaouse yg menjabat sbg Keyboardis.

Di thn itu juga, John Myung bergabung dgn band supergrup yg bernama Explorers Club. Platypus bubar di thn 1997 dan 3 personil dari band tsb membentuk band lagi yg bernama The Jelly Jam di thn 2002. Selain itu, John Myung pernah gabung juga di band Gordian Knot. Band2 yg diidolakan John Myung saat masih remaja yaitu The Beatles, Black Sabbath, The Who, Iron Maiden, Rush, YES, Jethro Tull dan Genesis. Untuk pemain bass, John Myung mengidolakan sosok bassis yg berskil tinggi yaitu Jaco Pastorious.

Selain Jaco Pastorious, John Myung juga mengidolakan bassis2 terkenal lainnya spt s Geezer Butler (Black Sabbath), John Entwistle (the Who), Chris Squire (YES), Steve Harris (Iron Maiden) dan Geddy Lee (Rush). John Myung beberapa kali menggunakan bass dgn 6 senar di konser2nya Dream Theater saat itu. John Myung sering menggunakan teknik yg luar biasa dan John Myung menggunakan 3 jari dalam permainannya. John Myung memainkan slapping dgn bagus serta tapping dgn 2 jari yg kanan dan kiri. John Myung dianggap penggemarnya sbg sosok yg misterius karena sangat pendiam dan jarang terlihat bercanda, tapi dia juga dianggap sbg sosok yg "menghangatkan" hingga kekompakan Dream Theater menjadi erat.

0 Comments

Post a Comment