Biodata Danilla Riyadi



Mungkin dirinya belum menjadi penyanyi yang terkenal tapi nyatanya dia lumayan sukses berkarya sejak tahun 2012 silam. Bahkan album pertamanya langsung masuk jajaran album terbaik 2014. Seperti apa sosok penyanyi wanita yang mengetahui dirinya bisa menyanyi belum lama ini? Artikel ini akan membahas biodata Danilla Riyadi dan segala prestasinya.

Danilla Riyadi, Penyanyi Jazz yang Punya Masa Depan Cerah


Nama lengkap penyanyi berwajah oriental ini adalah Danilla Jelita Poetri Riyadi, lahir pada tanggal 12 Februari 1990. Pada tahun 2014 yang lalu lewat album berjudul “Telisik” namanya mulai diperhitungkan di belantika musik Indonesia meski sampai kini belum terlalu populer. Album tersebut masuk ke dalam salah satu album terbaik dari penyanyi Indonesia.


Salah satu single dalam albumnya berjudul “Buaian” yang diaransemen oleh Lafa Pratomo. Lagunya sangat indah dengan musik swing, berpadu dengan nada ringan, dan lirik rayuan seperti era 50-an. Jika mendengarkannya pasti akan membuat Anda tersenyum simpul dan bagaikan terbuai.

Uniknya, Danilla baru merasa bahwa dirinya bisa menyanyi pada tahun 2012 yang lalu. Padahal dia tumbuh dari keluarga yang berkecimpung dalam dunia musik. Ibunya bernama Ika Ratih Poespa yang merupakan seorang penulis lagu, penyanyi jazz, juga produser rekaman

Dia juga punya dua paman yang merupakan penyanyi populer Indonesia era 70-80 an, Henry Restoe Poetra, dan Dian Pramana Poetra. Kemudian neneknya seorang penyanyi keroncong era 60-an bernama Sumiyati Sutiko. Pantas saja Danilla mewarisi musikalitas yang baik dari keluarganya.

Danilla punya cerita yang unik sampai merasa dirinya bisa menyanyi. Dia berkata bahwa dia sebenarnya tidak mau bernyanyi sama sekali karena merasa tidak punya teknik. Namun ibunya yang memang berpengalaman mencoba mengarahkan dan “mendoktrin” dirinya supaya mau. Menurut ibunya, menyanyi tidak harus punya suara yang bagus karena hanya membutuhkan rasa.

Saat bernyanyi harus merasakan lagu dan tidak perlu peduli jika suara fals. Yang penting nanti dilatih sehingga bisa mencapai nada-nada yang sebelumnya tidak bisa sampai. Itulah yang akhirnya memberikan semangat untuknya.

Ternyata nasihat ibunya benar-benar “merasuki” jiwanya sampai akhirnya dia bisa membuktikan bahwa dia memang bisa. Teknik bernyanyinya memang tidak spektakuler, tidak terlalu “mewah” bahkan suara altonya lemah tapi sangat indah. Oleh karena itu dirinya mendapatkan banyak pujian dari musisi-musisi populer. Sebut saja, Mondo Gascaro, Endah N Rhesa, juga Sigit Agung Pramudita.

Inspirasi Musik Danilla Riyadi


Danilla sudah menyukai musik sejak kecil karena memang sebagian besar keluarganya ada di industri tersebut. Danilla yang tidak pernah sekolah musik, menjadikan beberapa penyanyi sebagai “guru”. Sebutlah Joao Gilberto, Antonio Carlos Jobim, Billie Holiday, Frank Sinatra, Astrud Gilberto, dan Ella Fitzgerald.

Lalu mulai mengenai penyanyi-penyanyi maupun band pop seperti Radiohead, Coldplay, Jay-Jay Johanson, Sophie Ellis Bextor, Diana Krall, dan Portishead setelah beranjak dewasa.

Pada tahun 2016 yang lalu Danilla mengeluarkan album ke-2 dengan single utama berjudul “Kalapuna”. Beda dengan single sebelumnya yang membuai perasaan, lagu ini punya melodi dan notasi yang muram serta mencekam. Di sini Danilla menggunakan synthesizers yang semakin menambah “roh”-nya.

Referensi

http://biodatalengkapartis.com/biodata-danilla-riyadi/

0 Comments

Post a Comment