Enzo Ferrari lahir 18 Februari 1898 di Modena Italia dan meninggal 14 Agustus 1988 saat berumur 90 tahun. Ia adalah faunding father Ferarri Motor Sport, sebuah company sport car mewah paling keshor di dunia dengan merk Ferari. Ferari bukan nama asing bagi dunia otomotif formula 1 dan penggemar mobil sport mewah.
Kini Ferari adalah raksasa otomotif dunia yang berafiliasi dengan FIAT dan juga klub sepak bola elit asal italia Juventus. Lambang kuda jingkrak semula adalah sebuah lukisan yang terpampang di sebuah pesawat tempur yang dinahkodai Francesco Baracca dalam perang dunia I. Revolusi rancangan Ferari dilakukan terutama sejak tahun 1961. Pihak designer mengubah posisi mesin yang awalnya di depan menjadi di bagian belakang. Ini menjadi cirri tersendiri dari produk-produk Ferari saat itu.
Sebelum mendirikan perusahaan ferari, Enzo awalnya seorang pembalap. Ketika perang dunia I meletus, ia harus turun dalam medan pertempuran mengingat Italia saat itu adalah Negara totaliterisme sehingga semua warga Negara harus menjalani wajib militer. Enzo kemudian dibebaskan dari wajib militer karena terkena wabah flu sehingga kondisi fisiknya lemah. Ia kemudian pulang kampung dan berjuang mempertahankan hidup akibat krisis keuangan dan ekonomi keluarganya. Enzo lalu melamar di perusahaan mobil Fiat, namun ditolak. Tak patah arang ia lalu mendaftar ke perusahaan CMN, diterima dan dipekerjakan sebagai perancang truks menjadi mobil yang lebih simple, ringan dan efesien.
Tahun 1920 Enzo keluar dari CMN dan masuk perusahaan mobil Alfa Romeo. Disini ia tidak hanya bekerja sebagai karyawan tapi juga meneruskan minat awalnya sebagai pembalap hingga mendapatkan penghargaan The Prancing Horse (kuda jingkrak) yang menghiasi pesawat Francesco Barraca (seorang pemimpin pasukan Italia).
Logo kuda jingkrak butuh waktu 9 tahun untuk menjadi icon sport car. Setelah resmi menjadi icon mobil balap, Ferari melejit dalam arena balap mobil Pescara di Italia hingga meraih penghargaan Coppa Acerbo. Kesuksesan ini membuat Alfa Romeo makin memberi kepercayaan Enzo untuk tambil di berbagai ajang bergengsi, hingga nama ferari sempat vacuum cukup lama sampai tahun 1927. Enzo kemudian lebih berkosentrasi mengembangkan riset untuk alfa romeo sampai 1929 sebelum membuat scuderia ferari sebagai tim balap untuk Alfa. Enzo memanajemen perusahaan Alfa cars dan membentuk tim yang terdiri lebih dari 40 pembalap. Enzo kemudian aktif lagi sebagai pembalap hingga tahun 1932. Alfa Romeo berakhir pada 1933
Karena kualitas pembalap Scuderia, maka perusahaan tersebut mengalami beberapa kemenangan. Ia meninggalkan CMN pada tahun 1920 dan menjadi pembalap di tim Alfa Romeo (sebuah perusahaan mobil di Italia), ia berhasil meraih sukses yang lebih dari sebelumnya. Pada tahun 1923, ia mengikuti balap mobil di Ravenna dan mendapatkan penghargaan berupa badge The Prancing Horse (kuda jingkrak) yang mendekorasi pesawat Francesco Barraca (seorang pemimpin pasukan Italia). Logo ini menunggu selama 9 tahun sampai akhirnya dipakai menjadi lambang mobil balap. Pada tahun 1924,
Ferrari memenangkan Coppa Acerbo (sebuah ajang balap mobil) di Pescara, Italia. Ia mengalami sukses di balap lokal dan mendorong Alfa untuk memberikan kesempatan mengikuti balap yang lebih bergengsi. Ferrari tidak mengambil kesempatan itu dan tidak membalap sampai tahun 1927. Ia lanjut bekerja secara langsung untuk alfa romeo sampai 1929 sebelum membuat scuderia ferari sebagai tim balap untuk Alfa. Ferrari mengatur kegiatan perusahaan Alfa cars dan membentuk tim yang terdiri lebih dari 40 pembalap, termasuk Giuseppe Campari dan Tazio Nuvolari. Ferrari sendiri melanjutkan balap mobil sampai kelahiran anak pertamanya pada tahun 1932 (Alfredo Ferrari, dikenal juga sebagai Dino yang meninggal tahun 1956). Alfa Romeo berakhir pada 1933 ketika masalah finansial
Membuat alfa menarik diri. Oleh karena campur tangan Pirelli, Ferrari tidak menerima mobil sama sekali. Karena kualitas pembalap Scuderia, maka perusahaan tersebut mengalami beberapa kemenangan (1935 di german adalah pengecualian). Merk auto union dan mercedeslah yang mendominasi area tersebut. Pada tahun 1937 Alfa menerima kontrol usaha membalapnya sekali lagi, menyebabkan Ferrari menjadi Direktur Olahraga di bawah teknik Alfa direktur. Ferrari segera pergi, tetapi karena kontrak menyebabkan dirinya tidak bisa balapan atau mendesain selama empat tahun.
Dia membentuk Auto-Avio Costruzioni, perusahaan yang menyediakan bagian-bagian untuk tim membalap lain. Tetapi di Mille Miglia 1940 perusahaan memproduksi dua mobil untuk bersaing, digerakkan oleh Alberto Ascari dan Lotario Rangoni. Selama Perang Dunia II perusahaannya dilibatkan di produksi perang, berpindah dari Modena kepada Maranello. Tidak sampai setelah
Perang Dunia II yang diminta oleh Ferrari untuk menahan reputasi orang fasis dan mobil buatannya yang memikul namanya, mendirikan Ferrari S.p.A. hari ini pada 1947. Perlombaan pertama yang ber roda terbuka di Turin pada 1948 dan kemenangan pertama masuk nanti tahun di Lago di Garda.
Ferrari mengambil bagian di Recipe 1 Kejuaraan Dunia sejaknya. Pada tahun 1960 an masalah kurangnya permintaan dan pembiayaan yang tidak cukup memaksa Ferrari untuk membolehkan Fiat mengambil pancang di perusahaan. Ferrari sudah menawarkan Arungan kesempatan untuk membelikan perusahaan pada 1963 selama US$18 juta tetapi, terlambat di perundingan,
Ferrari menarik kembali. Keputusan ini memicu keputusan Perusahaan Mesin Arungan untuk meluncurkan program balapan kareta olahraga serius Eropa. Perusahaan menjadi saham bersama dan Fiat mengambil saham kecil pada 1965 dan lalu pada 1969 mereka menambah memegang mereka teguh 50% dari perusahaan. (Di 1988 tanah milik Fiat ditambah ke 90%). Ferrari tetap menjadi direktur pelaksana sampai 1971. Walaupun mengundurkan diri, ia tetap berpengaruh di perusahaan sampai kematiannya. Masukan Fiat memerlukan beberapa musim untuk mempunyai pengaruh.
Namun, setelah segala kesuksesan itu dan janji gelar jody sheckter di 1979, harapan kejuaraan Formula One jatuh lesu. tahun 1982 dibuka dengan sebuah mobil kuat, 126c2, pembalap kelas dunia, dan hasil yang memuaskan pada awal balapan Tetapi, Gilles Villeneuve dibunuh di 126C2 pada Mei, dan kawan seregu Didier Pironi menyebabkan karirnya diperpendek di akhir keras lebih akhir menghidupkan yang berkabut backstraight di Hockenheim pada Agustus. Pironi menuntun kejuaraan pegemudi pada saat itu; dia akan kehilangan timbal sewaktu dia menunggu perlombaan sisa selesai.
Tim melihat kejuaraan lagi selama hidup Ferrari. Enzo Ferrari meninggal pada 14 Agustus, 1988 di Modena pada umur 90. Kematiannya tidak dipublikasikan sampai dua hari kemudian oleh permintaan Enzo. Dia meninggal di awal kekuasaan McLaren Honda kombinasi. Satu-satunya perlombaan yang McLaren tidak menang pada 1988 adalah Grand Prix Itali. dipegang hanya minggu-minggu hasilnya 1-2 putus bagi Ferrari, hubungan dengan Gerhard Berger yang memimpin di rumah
Michele Alboreto. Setelah kematian Ferrari, tim Scuderia Ferrari semakin sukses, khususnya dengan Michael Schumacher, Felipe Massa dan Kimi Räikkönen. Ia menyaksikan balap mobil Ferrari F40 sesaat sebelum kematiannya. Pada 2003, sebuah mobil diluncurkan dengan nama Enzo Ferrari. Membuat Cavaliere del Lavoro pada 1952, untuk menambah kehormatannya Cavaliere dan Commendatore di 1920s, Ferrari juga mendapat sejumlah tingkat kehormatan, Hammarskjöld Prize pada 1962, Columbus Prize pada 1965, dan De Gasperi Award pada 1987. Pada 1994, dia secara anumerta dilantik ke dalam International Motorsports Hall of Fame.
0 Comments
Post a Comment