Ketika kapal tersebut tenggelam ke dalam laut, kedua bagian tersebut menjunam dalam cara berlainan. Bahagian haluan yang runcing mendatar kira-kira 609 m (2,000 kaki) di bawah permukaan dan mendarat dengan agak perlahan. Bahagian buritan bagaimanapun tenggelam dengan laju ke dasar lautan; badan kapal terburai akibat penguncupan udara yang terperangkap dalam kapal. Bahagian buritan kapal menghentam dasar pada kelajuan tinggi, terbenam jauh ke dalam lumpur.
Bangkai Titanic masih ada di dasar laut, perlahan hancur di kedalaman 12.415 kaki (3,784 m). Sejak ditemukan kembali pada tahun 1985, ribuan artefak diangkat dari dasar laut dan dipamerkan di berbagai museum di seluruh dunia. Titanic telah menjadi salah satu kapal ternama dalam sejarah. Keberadaannya terus diingat oleh sejumlah buku, film, pameran, dan tugu peringatan.
RMS Titanic adalah kapal penumpang Inggris yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada pagi hari 15 April 1912 setelah bertabrakan dengan gunung es selama pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, ke New York City, AS. Tenggelamnya mengakibatkan hilangnya lebih dari 1.500 penumpang dan awak, membuatnya menjadi salah satu bencana yang paling mematikan di bidang maritim dan dalam sejarah modern. RMS Titanic, kapal terbesar yang ada saat itu, adalah kapal kedua dari tiga kapal laut yang dioperasikan oleh White Star Line, dan dibangun oleh Harland dan Wolff galangan kapal di Belfast dengan Thomas Andrews sebagai arsitek angkatan laut nya. Andrews di antara mereka yang hilang dalam tenggelamnya kapal tersebut. Pada pelayaran perdananya, dia membawa 2.224 penumpang dan awak.
Di bawah komando Edward Smith, penumpang kapal yang terdiri beberapa orang terkaya di dunia, serta ratusan imigran dari Inggris dan Irlandia, Skandinavia dan tempat lain di seluruh Eropa mencari kehidupan baru di Amerika Utara. Meskipun Titanic memiliki fitur keselamatan canggih seperti kompartemen kedap air dan pintu kedap air, tidak ada cukup sekoci untuk menampung semua orang di atas kapal karena peraturan keselamatan maritim lama Titanic hanya menyediakan cukup sekoci untuk 1.178 orang, yaitu haya sepertiga total kapasitas nya.
Setelah meninggalkan Southampton pada tanggal 10 April 1912, Titanic disebut di Cherbourg di Perancis dan Queenstown (sekarang Cobh) di Irlandia sebelum menuju barat ke New York. Pada 14 April 1912, sekitar 375 mil (600 km) selatan Newfoundland, ia menabrak sebuah gunung es pada jam 11:40 waktu kapal. Tabrakan itu menyebabkan piring lambung kapal melengkung ke dalam di sepanjang sisi kanan dan membuka lima dari enam belas kompartemen kedap air nya ke laut; kapal secara bertahap terisi dengan air. Sementara itu, penumpang dan beberapa anggota kru dievakuasi di sekoci, banyak yang diluncurkan tapi hanya sebagian yang muat. Banyak dari laki-laki yang tersisa di atas kapal karena protokol "wanita dan anak-anak yang pertama" diikuti oleh beberapa petugas memuat sekoci. Dan pada 02:20, ia pecah dan tenggelam, dengan lebih dari seribu orang masih kapal. Kuarng dari dua jam setelah Titanic karam, kapal RMS Carpathia tiba di tempat kejadian tenggelamnya, di mana ia berhasil menyelamatkan setidaknya 705 oarang.
Dunia pun terkejut dengan bencana besar ini, publik marah karena gagalnya regulasi dan operasional yang telah merenggut banyak nyawa. Pertanyaan publik di Inggris dan Amerika Serikat membawa perbaikan besar dalam keamanan maritim. Salah satu warisan mereka yang paling penting adalah pembentukan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) pada tahun 1914, yang masih mengatur keselamatan maritim saat ini. Selain itu, beberapa peraturan nirkabel baru disahkan di seluruh dunia dalam upaya untuk memperbaiki kesalahan komunikasi nirkabel yang bisa menyelamatkan lebih banyak penumpang.
Bangkai Titanic tetap di dasar laut, terbelah dua dan secara bertahap disintegrasi pada kedalaman 12.415 kaki (3.784 m). Sejak penemuannya pada tahun 1985, ribuan artefak telah ditemukan dan dipajang di museum di seluruh dunia. Titanic telah menjadi salah satu kapal yang paling terkenal dalam sejarah, ingatannya tetap hidup dengan banyak buku, lagu-lagu rakyat, film, dan pameran.
Nama Titanic berasal dari mitologi Yunani dan berarti raksasa. Dibangun di Belfast, Irlandia, di Inggris Raya dan Irlandia (karena saat itu), RMS Titanic adalah kapal kedua dari tiga kelas kapal laut saat itu,-yang pertama adalah RMS Olimpiade dan yang ketiga adalah HMHS Britannic . Mereka adalah kapal terbesar dari perusahaan pelayaran Inggris armada White Star Line pada tahun 1912, yang dimiliki J. Bruce Ismay, dan pemodal Amerika JP Morgan, yang menguasai korporasi white Star Line
White Star Line menghadapi tantangan dari para pesaingnya terutama Cunard, yang baru saja meluncurkan Lusitania dan Mauritania-kapal penumpang tercepat maka dalam pelayanan-dan garis Jerman Hamburg America dan Norddeutscher, namun J. Bruce Ismay menyukai untuk bersaing pada segi ukuran daripada kecepatan dan mengusulkan untuk membuat yang lebih besar dari yang pernah ada serta menjadi nomor satu dalam kenyamanan dan kemewahan. Selain untuk memperbaharui jajaran armada mereka, juga untuk menggantikan kapal mereka yng sudah tua yaitu SS Teutonik dari tahun 1889 dan SS Majestic dari tahun 1890. Teutonik digantikan oleh Olympic sementara Majestic akan digantikan oleh Titanic.
Pada tanggal 29 Juli 1908, Harland and Wolff sebuah perusahaan kapal yang diserahi tugas merancang titanic mempresentasikan gambar untuk J. Bruce Ismay dan para eksekutif White Star Line lainnya. Ismay menyetujui desain dan menandatangani tiga "surat perjanjian" dua hari kemudian dilakukan otorisasi awal konstruksi. Pada titik ini kapal-yang pertama kemudian menjadi SS Olimpiade tidak memiliki nama, tetapi disebut hanya sebagai "Nomor 400 ", karena itu Harland and Wolff empat ratus lambung. Sedangkan dibuat Titanic didasarkan pada versi revisi dari desain SS olimpiade dan diberi nomor 401.
Pabrik listrik Titanic mampu menghasilkan tenaga lebih dari sebuah pembangkit listrik kota. Teletak dibelakang mesin turbin, tersedia empat 400 kW generator uap-driven listrik, digunakan untuk menyediakan tenaga listrik ke kapal, ditambah dua 30 KW generator tambahan untuk penggunaan darurat.
Peralatan telegrafi radio Titanic (kemudian dikenal sebagai telegrafi nirkabel) disewakan kepada White Star Line oleh Marconi International Marine Komunikasi Perusahaan, yang juga menyediakan dua karyawannya, Jack Phillips dan Harold Bride, sebagai operator. Layanan ini dipelihara jadwal 24 jam, terutama mengirim dan menerima telegram penumpang, tetapi juga penanganan pesan navigasi termasuk laporan cuaca dan peringatan gunung es.
Fasilitas penumpang kapal Titanic yang bertujuan untuk memenuhi standar tertinggi sebuah kemewahan. Menurut rencana umum pembuatan Titanic, kapal bisa menampung 833 penumpang First Class, 614 di Kelas Dua dan 1.006 di Kelas Ketiga, dan kapasitas penumpang total 2.453. Selain itu, kapasitas titanic untuk awak melebihi 900, karena kebanyakan dokumen konfigurasi aslinya telah menyatakan bahwa daya dukung penuh nya untuk penumpang dan awak adalah sekitar 3.547.
Titanic dibuat dalam kelas tinggi kontemporer ala Ritz Hotel dengan mengacu pada gaya Kekaisaran. Berbagai gaya dekoratif lainnya, mulai dari Renaissance ke Victorian, digunakan untuk menghias kabin dan ruang publik pada kelas Pertama dan Kedua pada kapal. Tujuannya adalah untuk menyampaikan kesan bahwa penumpang sedang berada di sebuah hotel terapung daripada sebuah kapal.
Salah satu fitur yang paling khas Titanic adalah pada tangga Kelas Pertama, dikenal sebagai Grand Staircase atau Grand Stairway. Ini turun melalui tujuh deck kapal, dari Boat Deck untuk E dek dalam gaya elegan yang digambarkan dalam foto-foto dan film, dan kemudian sebagai tangga lebih fungsional dan kurang elegan dari sana ke F dek. Hal itu ditutup dengan kubah besi tempa dan kaca yang bercahaya. Setiap arahan dari tangga memberikan akses ke ruang pintu masuk berhias dan diterangi oleh lampu berlapis emas. Grand Staircase hancur dalam tenggelamnya Titanic dan sekarang hanya ruang kosong yang di gunakan kapal penjelajah modern untuk mengakses dek bawah.
Pembangunan Titanic dan Olympic berlangsung hampir secara paralel, dengan lambung Olimpiade diletakkan pertama kali pada 16 Desember 1908 dan Titanic pada tanggal 31 Maret 1909. Kedua kapal menghabiskan waktu sekitar 26 bulan untuk membangunnya dan diikuti banyak proses konstruksi yang sama. Pekerjaan membangun kapal ini sangat sulit dan berbahaya. Ada 15.000 orang yang bekerja di Harland and Wolff pada saat itu, banyak pekerjaan yang berbahaya dan dilakukan tanpa peralatan keselamatan seperti topi keras atau penjaga tangan di mesin. Akibatnya, banyak kematian dan luka-luka. Selama konstruksi Titanic, 246 luka-luka tercatat, 28 dari mereka "berat", seperti lengan terputus oleh mesin atau kaki hancur di bawah jatuh potongan baja. Enam orang tewas di kapal sendiri saat dia sedang dibangun dan dilengkapi, dan dua lainnya tewas dalam lokakarya galangan kapal dan gudang. Tepat sebelum peluncuran seorang pekerja tewas ketika sepotong kayu jatuh pada dirinya.
Titanic diluncurkan pada 12:15 pada tanggal 31 Mei 1911 di hadapan lord Pirrie, J. Pierpoint Morgan, J. Bruce Ismay dan 100.000 penonton. 22 ton sabun dan lemak yang tersebar di peluncuran kapal untuk melumasi bagian kapal hingga ke Sungai Lagan. Sesuai dengan kebiasaan tradisional white Star Line, kapal itu atau dibaptis dengan sampanye. Kapal itu kemudian ditarik ke dermaga pas mana, selama satu tahun kedepan, mesin dan bangunannya dipasang serta interior nya dilengkapi.
Uji coba laut Titanic mulai pukul 6 pagi pada Selasa, 2 April, 1912, Uji coba laut terdiri dari sejumlah tes karakteristik penanganan titanic, dilakukan pertama di Belfast Lough dan kemudian di perairan terbuka Laut Irlandia. Selama sekitar dua belas jam, Titanic didorong pada kecepatan yang berbeda, kemampuannya memutar diuji dan penghentian paksa juga coba dilakukan di mana mesin berputar terbalik penuh ke depan untuk mundur ke belakang.
Titanic kembali ke Belfast pada sekitar 07:00, surveyor menandatangani "Perjanjian dan Rekening perjalanan dan kru", berlaku untuk dua belas bulan, yang menyatakan kapal layak melaut. Satu jam kemudian, Titanic meninggalkan Belfast lagi yang ternyata untuk terakhir kalinya dan kemudian berangkat ke Southampton, Setelah perjalanan berlangsung sekitar 28 jam dia tiba sekitar tengah malam pada tanggal 4 April dan ditarik ke pelabuhan Berth 44, siap untuk kedatangan penumpang dan sisa krunya.
Pelayaran perdana Titanic ini dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dari banyak perjalanan lintas-Atlantik antara Southampton di Inggris, Cherbourg di Perancis, Queenstown di Irlandia dan New York di Amerika Serikat, dan kembali melalui Plymouth di Inggris. Memang, seluruh jadwalnya pelayaran hingga Desember 1912 masih ada The White Star Line saat itu akan mengoperasikan tiga kapal pada rute yang tersebut yaitu Titanic, Olympic dan kapal kecil RMS Oceanic . Titanic memiliki sekitar 885 awak kapal untuk pelayaran perdananya. Seperti kapal lainnya saat itu, dia tidak memiliki kru permanen, dan sebagian besar anggota awak pekerja lepas yang hanya datang di kapal beberapa jam sebelum ia berlayar dari Southampton. Proses mendaftar direkrut mulai pada tanggal 23 Maret dan beberapa kemudian dikirim ke Belfast, di mana mereka bertugas sebagai kru kerangka selama percobaan laut Titanic dan perjalanan ke Inggris pada awal April.
Fasilitas penumpang kapal Titanic yang bertujuan untuk memenuhi standar tertinggi sebuah kemewahan. Menurut rencana umum pembuatan Titanic, kapal bisa menampung 833 penumpang First Class, 614 di Kelas Dua dan 1.006 di Kelas Ketiga, dan kapasitas penumpang total 2.453. Selain itu, kapasitas titanic untuk awak melebihi 900, karena kebanyakan dokumen konfigurasi aslinya telah menyatakan bahwa daya dukung penuh nya untuk penumpang dan awak adalah sekitar 3.547.
Titanic dibuat dalam kelas tinggi kontemporer ala Ritz Hotel dengan mengacu pada gaya Kekaisaran. Berbagai gaya dekoratif lainnya, mulai dari Renaissance ke Victorian, digunakan untuk menghias kabin dan ruang publik pada kelas Pertama dan Kedua pada kapal. Tujuannya adalah untuk menyampaikan kesan bahwa penumpang sedang berada di sebuah hotel terapung daripada sebuah kapal.
Salah satu fitur yang paling khas Titanic adalah pada tangga Kelas Pertama, dikenal sebagai Grand Staircase atau Grand Stairway. Ini turun melalui tujuh deck kapal, dari Boat Deck untuk E dek dalam gaya elegan yang digambarkan dalam foto-foto dan film, dan kemudian sebagai tangga lebih fungsional dan kurang elegan dari sana ke F dek. Hal itu ditutup dengan kubah besi tempa dan kaca yang bercahaya. Setiap arahan dari tangga memberikan akses ke ruang pintu masuk berhias dan diterangi oleh lampu berlapis emas. Grand Staircase hancur dalam tenggelamnya Titanic dan sekarang hanya ruang kosong yang di gunakan kapal penjelajah modern untuk mengakses dek bawah.
Pembangunan Titanic dan Olympic berlangsung hampir secara paralel, dengan lambung Olimpiade diletakkan pertama kali pada 16 Desember 1908 dan Titanic pada tanggal 31 Maret 1909. Kedua kapal menghabiskan waktu sekitar 26 bulan untuk membangunnya dan diikuti banyak proses konstruksi yang sama. Pekerjaan membangun kapal ini sangat sulit dan berbahaya. Ada 15.000 orang yang bekerja di Harland and Wolff pada saat itu, banyak pekerjaan yang berbahaya dan dilakukan tanpa peralatan keselamatan seperti topi keras atau penjaga tangan di mesin. Akibatnya, banyak kematian dan luka-luka. Selama konstruksi Titanic, 246 luka-luka tercatat, 28 dari mereka "berat", seperti lengan terputus oleh mesin atau kaki hancur di bawah jatuh potongan baja. Enam orang tewas di kapal sendiri saat dia sedang dibangun dan dilengkapi, dan dua lainnya tewas dalam lokakarya galangan kapal dan gudang. Tepat sebelum peluncuran seorang pekerja tewas ketika sepotong kayu jatuh pada dirinya.
Titanic diluncurkan pada 12:15 pada tanggal 31 Mei 1911 di hadapan lord Pirrie, J. Pierpoint Morgan, J. Bruce Ismay dan 100.000 penonton. 22 ton sabun dan lemak yang tersebar di peluncuran kapal untuk melumasi bagian kapal hingga ke Sungai Lagan. Sesuai dengan kebiasaan tradisional white Star Line, kapal itu atau dibaptis dengan sampanye. Kapal itu kemudian ditarik ke dermaga pas mana, selama satu tahun kedepan, mesin dan bangunannya dipasang serta interior nya dilengkapi.
Uji coba laut Titanic mulai pukul 6 pagi pada Selasa, 2 April, 1912, Uji coba laut terdiri dari sejumlah tes karakteristik penanganan titanic, dilakukan pertama di Belfast Lough dan kemudian di perairan terbuka Laut Irlandia. Selama sekitar dua belas jam, Titanic didorong pada kecepatan yang berbeda, kemampuannya memutar diuji dan penghentian paksa juga coba dilakukan di mana mesin berputar terbalik penuh ke depan untuk mundur ke belakang.
Titanic kembali ke Belfast pada sekitar 07:00, surveyor menandatangani "Perjanjian dan Rekening perjalanan dan kru", berlaku untuk dua belas bulan, yang menyatakan kapal layak melaut. Satu jam kemudian, Titanic meninggalkan Belfast lagi yang ternyata untuk terakhir kalinya dan kemudian berangkat ke Southampton, Setelah perjalanan berlangsung sekitar 28 jam dia tiba sekitar tengah malam pada tanggal 4 April dan ditarik ke pelabuhan Berth 44, siap untuk kedatangan penumpang dan sisa krunya.
Pelayaran perdana Titanic ini dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dari banyak perjalanan lintas-Atlantik antara Southampton di Inggris, Cherbourg di Perancis, Queenstown di Irlandia dan New York di Amerika Serikat, dan kembali melalui Plymouth di Inggris. Memang, seluruh jadwalnya pelayaran hingga Desember 1912 masih ada The White Star Line saat itu akan mengoperasikan tiga kapal pada rute yang tersebut yaitu Titanic, Olympic dan kapal kecil RMS Oceanic . Titanic memiliki sekitar 885 awak kapal untuk pelayaran perdananya. Seperti kapal lainnya saat itu, dia tidak memiliki kru permanen, dan sebagian besar anggota awak pekerja lepas yang hanya datang di kapal beberapa jam sebelum ia berlayar dari Southampton. Proses mendaftar direkrut mulai pada tanggal 23 Maret dan beberapa kemudian dikirim ke Belfast, di mana mereka bertugas sebagai kru kerangka selama percobaan laut Titanic dan perjalanan ke Inggris pada awal April.
0 Comments
Post a Comment