Survival, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya sendiri dan memiliki poin nyawa dan lapar, masing-masing 20. Hardcore, sama seperti survival, hanya saja tingkat kesulitan terkunci pada pengaturan paling sulit dan tidak dapat hidup kembali, memaksa pemain untuk menghapus dunianya setelah mati. Creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupunlapar. Mode Penonton (Spectator), di mana pemain tidak berbenturan dengan blok, dan mampu melihat, namun tidak berinteraksi dengan blok.
Versi klasik juga tersedia secara gratis, meski sudah tidak dikembangkan lagi. Mode Creative menyerupai klasik, tetapi dengan lebih banyak fitur. Pada mulanya, Minecraft dirilis dalam versiAlpha pada tanggal 17 Mei 2009, dan versiBeta pada tanggal 20 Desember 2010. Sebuah versi untuk Android dirilis pada tanggal 7 Oktober 2011, dan versi Mac iOS dirilis pada tanggal 17 November 2011. Pada tanggal 9 Mei 2012, Minecraft dirilis untukXbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, serta untuk PlayStation 3 pada tanggal 17 Desember 2013. Kedua edisi konsol sedang dikembangkan oleh 4J Studios, dan versi lengkap dari PC permainan ini dirilis pada 18 November 2011 di MineCon 2011. Pada tanggal 25 Juni 2014, permainan ini telah terjual lebih dari 12 juta salinan untuk Xbox 360, 15 juta salinan untuk PC dan hampir 54 juta salinan untuk semua platform.
Kisah Hidup Markus Perrson
Markus Alexej Persson atau dikenal dengan nama Notch atau xNotch adalah pendiri dan pembuat games Minecraft. Dia terlahir di Stockholm, Swedia pada tanggal 1 Juni 1979. Markus Perrson adalah seorang pembuat games dari Swedish. Dia bersama-sama dengan Carl Manneh dan Jakob Porser mendirikan perusahaan bernama Mojang, pada akhir tahun 2010. Markus Persson tinggal di Edsbyn mulai dari kecil hingga usia 7 tahun. Setelah itu keluarganya kembali pindah ke kota Stockholm. Markus kecil mulai mengenal pemrograman dari computer Commodore 128 milik ayahnya. Dia melakukan banyak eksperimen dalam membuat beberapa games. Markus Persson pertama kali membuat game saat berusia 8 tahun. Dia membuat game petualang dengan menggunakan text (text-based adventure game).
Markus Persson bekerja sebagai pembuat game professional saat bekerja di King.com selama 4 tahun, sejak tahun 2009. Markus Persson adalah salah seorang pendiri game Wurm Online. Diluar pekerjaan, Markus Persson juga mengikuti beberapa kompetisi pembuatan game. Pada tanggal 13 August 2011, Persson menikah dengan Elin Zetterstrand(“Ez”). Pada tanggal 15 August 2012, Persson menyatakan bahwa Dia sudah tidak lagi bersama dengan Ez. Pada September 2014, Markus Persson menyatakan bahwa Dia bersama-sama para pendiri Minecraft, akan meninggalkan Mojang setelah menyelesaikan proses akuisisi (penjulan perusahaan) kepada Microsoft seharga $2.5 milliar (kurang lebih seharga Rp 25 T).
Bagi para gamer, game berjudul Minecraft mungkin sudah tidak asing lagi, karena game ini bukan sekedar game biasa tetapi game yang mengharuskan keterampilan si pemainnya. Dengan gambar yang tidak terlalu bagus atau “kotak-kotak”, game ini cukup menarik perhatian publik sejak beberapa tahun belakangan ini. Namun yang menjadi perbincangan hangat beberapa hari belakangan ini adalah, si pencipta game tersebut yang bernama Markus Persson yang kabarnya dinobatkan menjadi orang nomor 2 dalam daftar tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2013 versi majalah Time. Menurut hasil voting yang didapat, Persson mendapatkan 156.694 suara yang mana terpaut sedikit dari presiden Mesir, Mohamed Morsi yang menduduki peringkat pertama. Sebagai orang yang bergerak dalam dunia teknologi, Persson bukan lah satu-satunya nama yang masuk dalam daftar ini. Menurut daftar tersebut, di posisi ketiga ada Kim Dotcom yang merupakan pendiri Mega Upload, kemudian nama-nama seperti Sergey Brin (Google), Jeff Bezos (Amazon), Eric Schmidt (Google), Jony Ive (Apple), Marissa Mayer (Yahoo), Sheryl Sandberg (Facebook), dan Kevin Systorm (Instagram) juga masuk kedalam daftar tersebut. Namun urutan tersebut kabarnya masih bisa berubah, karena Time juga mempertimbangkan pengambilan suara untuk mereka yang tidak setuju atas hasil saat ini. Sedangkan untuk hasil akhirnya, Time berencana akan mengabarkannya pada majalah Time edisi 18 April mendatang.
0 Comments
Post a Comment