Kawasaki memang dulunya dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotive, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker.. !!! Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki (karena baja tuh industri strategis… heran juga kenapa Krakatau Steel kita mau diprivatisasi.. red.) dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine motor… !!!
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki… dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc rocker-valvez yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat… oleh Meguro dan pantaslaagh dianggap sebagai senior.. karena tahun segitu sudah berat-berat.. bikinannya… !!! Naagh di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles… !!!
Sudah lebih dari 40 tahun Kawasaki memulai produksi masal sepeda motor. Mesin sepeda motor pertama yang diproduksi adalah hasil dari pengetahuan teknis yang dipetik dari kemampuan mengembangkan dan memproduksi mesin pesawat terbang. Masuknya Kawasaki ke dunia sepeda motor adalah karena Kawasaki selalu ingin mengembangkan teknologi baru. Selama ini Kawasaki telah berhasil meluncurkan beragam model sepeda motor yang turut membantu membentuk pasar sepeda motor, sekaligus melahirkan legenda-legenda sepeda motor yang mumpuni dalam hal ketahanan dan kecepatan.
(1952) Desain mesin KE-1 selesai sudah
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. produksi masal dimulai pada 1953. Mesin dengan teknologi air-cooled, 148cc, OHV, 4-tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.
(1955) Produksi mesin sepeda motor KB-5 dimulai
Torsinya yang responsif di rpm rendah maupun tinggi serta karakternya yang superior membuatnya terkenal di kalangan riders pada saat itu. untuk 10 tahun ke depan KB-5 mengalami pengembangan yang akhirnya menjadi dasar mesin Kawasaki 125cc. Pada tahun yang sama, the Meihatsu 125-500 diluncurkan dengan mengusung mesin KB-5.
Generasi 1996-1997
Ini awalnya Kawasaki Ninja 150 diproduksi di Indonesia meski mayoritas komponen masih dipasok dari Kawasaki Thailand. Di tahun 1996, Ninja punya ciri mendasar dengan pelek jari-jari, lampu bulat dan cakram depan. Setahun kemudian, setelah peluncuran Ninja 150 sedikit berubah dengan sebutan Ninja 150R. Ninja 150R menggunakan cakram depan-belakang dan pelek jari-jari. Ini disebut Ninja 150 yang memang lebih mahal. Meski selisih setahun, Ninja 150 waktu itu berbeda dari kode produksi. Keluaran 1996 punya kode produksi KR150C dan yang 1997 ditandai KR150J. Tapi, kode mesin sama, yakni 1855. Pada generasi ini Ninja 150 menggunakan karburator Keihin PWL 26 sampai produksi September 2006. Ukuran pilot-jet 45, main-jet 132 dan kode jarum skep F33 45H dipakai sampai September 2006.
Generasi 2002
Kawasaki atau biasa disingkat Kawak, menambah varian Ninja 150R dengan memasukkan Ninja 150RR di tahun 2002. Saat itu Ninja 150RR murni masih built-up atau import from Thailand dengan kode produksi KR150K. Perbedaannya dengan Ninja 150R, Ninja 150RR menggunakan teknologi KIPS. KIPS adalah teknologi katup tambahan di blok silinder. Berfungsi menahan sisa gas buang di putaran bawah supaya tidak terlalu blong. Teknologi ini membantu putaran atas supaya gas buang dilepas maksimal. Nama komponen penggeraknya Super KIPS. Jadi, KIPS di 2002 sama juga dengan versi Super KIPS di era 2006.
Selain KIPS, Ninja 150RR juga sudah menggunakan fairing. Frame atau rangka juga sudah bulat (tidak kotak lagi). Lengan ayun pun menggunakan teknologi stabiliser atau tiang tambahan di swing-arm untuk keseimbangan saat suspensi belakang bekerja. Ninja 150RR dipasok karbu beda merek dan lebih besar ukuran venturinya dibanding Ninja 150R. Ninja 150RR mengaplikasi Mikuni VM28 sampai saat ini. Begitu juga dengan pilot-jet 22,5, main-jet 270, dan jarum skep 5EJ4-2 yang tidak berubah. "Pilot-jet diseting ukurannya lebih kecil dibanding Ninja 150R untuk putaran menengah atas," tambah Freddyanto Basuki, Marketing Research, PT KMI. Di tahun ini kode mesin berubah. Untuk semua varian Ninja 150, kode mesinnya 1878.
Generasi 2006
Di tahun ini generasi Kawak Ninja 150, 150R dan Ninja 150RR berubah total. Inovasi yang paling jelas semua varian Ninja 150 sudah aplikasi Super KIPS (Super Kawasaki Integrated Powervalve System), catalytic converter, dan HSAS (High Performance Secondary Air Sistem). Dua teknologi terakhir di atas berkaitan untuk menekan emisi gas buang. HSAS menggunakan mekanisme valve alias katup yang fungsinya menyemprotkan udara segar atau oksigen ke lubang buang. Valve akan membuka dan menyemprotkan udara segar saat mesin di putaran bawah.Di tahun 2006 kode mesin semua generasi Ninja 150 berubah jadi 1855 seperti generasi awal kemunculan Ninja 150. Untuk Ninja 150 dan Ninja 150RR di Oktober 2006 mengadopsi Keihin PWL 26 sampai sekarang. Main-jet jadi ukuran 138 dan jarum skep berubah kode jadi N5LD. Jarum diklaim lebih tirus dibanding jenis sebelumnya.
Referensi
http://bhoedhie-rhieantho.blogspot.co.id/2012/04/sejarah-singkat-berdirinya-kawasaki.html
http://cyberland2.blogspot.co.id/2011/10/sejarah-panjang-kawasaki-ninja.html
Kawasaki atau biasa disingkat Kawak, menambah varian Ninja 150R dengan memasukkan Ninja 150RR di tahun 2002. Saat itu Ninja 150RR murni masih built-up atau import from Thailand dengan kode produksi KR150K. Perbedaannya dengan Ninja 150R, Ninja 150RR menggunakan teknologi KIPS. KIPS adalah teknologi katup tambahan di blok silinder. Berfungsi menahan sisa gas buang di putaran bawah supaya tidak terlalu blong. Teknologi ini membantu putaran atas supaya gas buang dilepas maksimal. Nama komponen penggeraknya Super KIPS. Jadi, KIPS di 2002 sama juga dengan versi Super KIPS di era 2006.
Selain KIPS, Ninja 150RR juga sudah menggunakan fairing. Frame atau rangka juga sudah bulat (tidak kotak lagi). Lengan ayun pun menggunakan teknologi stabiliser atau tiang tambahan di swing-arm untuk keseimbangan saat suspensi belakang bekerja. Ninja 150RR dipasok karbu beda merek dan lebih besar ukuran venturinya dibanding Ninja 150R. Ninja 150RR mengaplikasi Mikuni VM28 sampai saat ini. Begitu juga dengan pilot-jet 22,5, main-jet 270, dan jarum skep 5EJ4-2 yang tidak berubah. "Pilot-jet diseting ukurannya lebih kecil dibanding Ninja 150R untuk putaran menengah atas," tambah Freddyanto Basuki, Marketing Research, PT KMI. Di tahun ini kode mesin berubah. Untuk semua varian Ninja 150, kode mesinnya 1878.
Generasi 2006
Di tahun ini generasi Kawak Ninja 150, 150R dan Ninja 150RR berubah total. Inovasi yang paling jelas semua varian Ninja 150 sudah aplikasi Super KIPS (Super Kawasaki Integrated Powervalve System), catalytic converter, dan HSAS (High Performance Secondary Air Sistem). Dua teknologi terakhir di atas berkaitan untuk menekan emisi gas buang. HSAS menggunakan mekanisme valve alias katup yang fungsinya menyemprotkan udara segar atau oksigen ke lubang buang. Valve akan membuka dan menyemprotkan udara segar saat mesin di putaran bawah.Di tahun 2006 kode mesin semua generasi Ninja 150 berubah jadi 1855 seperti generasi awal kemunculan Ninja 150. Untuk Ninja 150 dan Ninja 150RR di Oktober 2006 mengadopsi Keihin PWL 26 sampai sekarang. Main-jet jadi ukuran 138 dan jarum skep berubah kode jadi N5LD. Jarum diklaim lebih tirus dibanding jenis sebelumnya.
Referensi
http://bhoedhie-rhieantho.blogspot.co.id/2012/04/sejarah-singkat-berdirinya-kawasaki.html
http://cyberland2.blogspot.co.id/2011/10/sejarah-panjang-kawasaki-ninja.html
0 Comments
Post a Comment