Asal Usul Dan Sejarah Sepeda Lipat




Pada awal didirikan Dahon memiliki visi "mobilitas hijau", bentuk transportasi yang tidak hanya berfungsi untuk menyehatkan penggunanya, tetapi juga melestarikan lingkungan untuk generasi berikutnya. Sebagai innovator tanpa henti, Dr Hon bekerja keras di garasi dekat rumahnya selama tujuh tahun untuk membuat sempurna lipat sepeda yang akan menegakkan cita-cita ini (green mobility). Setelah menyajikan penemuan untuk beberapa perusahaan, karya Dr Hon ini ternyata kurang diminati, hingga kemudian Dr Hon dan saudaranya Henry memutuskan membangun perusahaan mereka sendiri. Dua bersaudara tersebut secara berpatungan mendirikan usaha dan mendirikan markas mereka di California Selatan sementara Dr Hon merelokasi usahanya ke Taiwan untuk membangun pabrik. Satu tahun kemudian, pada tahun 1983, Sepeda Lipat Dahon mulai dirakit. Di bawah kepemimpinan Dr Hon, yang saat ini dikenal sebagai Bapaksepeda lipat modern, Dahon dan tim insinyurnya terus mengatur kecepatan dengan teknologi baru dan inovasi. Kini, Produksi utama Sepeda Lipat Dahon dikerjakan di perusahaan utama di Shenzhen, Cina. Dalam business plan-nya Dahon merencanakan membangun sebuah pabrik yang sama sekali baru di Cina Tengah dengan kapasitas produksi awal 700.000 sepeda unit per tahun. Fasilitas lain, dekat Beijing, sebuah pabrik Dahon disiapkan guna memproduksi Sepeda Dahon untuk memenuhi pasar Cina.
Mulai tahun 2012, semua merek sepeda lipat Dahon untuk Eropa akan dibuat di Bulgaria.[8] Dalam hal ini Dahon menjalin kemitraan strategis dengan Maxcom Ltd. Semua sepeda untuk pasar Eropa akan dibuat dengan sertifikat ISO 9001: 2008, yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sepeda dan fitur state-of-the-art teknologi mesin dan peralatan inspeksi kualitas modern.



Sepeda LipatSepeda lipat makin banyak digemari setelah gerakan bike to work dan green campaign marak dimana-mana. Popularitas sepeda lipatmenyamai sepeda fixie meskipun harganya tergolong cukup mahal.  Sepeda lipat tak akan muncul jika sepeda tak diciptakan dimasa lampau.  Pakar sejarah mungkin tak akan pernah bisa mengidentifikasikan  kapan sepeda diciptakan dan ditemukan. Beberapa orang percaya, seniman Leonardo Da Vinci menciptakan sepeda berdasarkan sketsa yang ditemukan di Codex Atlanticus. Meski sketsa ini kemudian dinyatakan palsu, Da Vinci masih disebut-sebut sebagai pencipta sepeda.Sebelumnya, terdapat beberapa ‘pra-sepeda’ (PS) yang diciptakan sebelum sepeda muncul. PS pertama mungkin adalah ‘celerifere’ yang dikembangkan oleh orang Prancis bernama Mede de Sivrac pada 1790. PS ini terdiri dari dua roda yang terhubung oleh besi yang dirancang seperti kuda atau singa.

Tak ada mekanisme menyetir atau pedal pada PS yang digunakan untuk menghibur orang kaya ini. Pada 1818, Baron Karl Von Drais dari Jerman menunjukkan ‘Draisienne’ di Paris namun PS ini masih tak memiliki pedal. Pada 1860, Ernest Michaux dan adiknya Piere menambahkan pedal pada roda depan dan disebut ‘Velocipede’. Pada 1885 saat teknologi sepeda Inggris maju, ‘sepeda biasa’ pun muncul. Terdapat persaingan mengakui sepeda lipat dan semuanya mendokumentasikannya dengan sangat meyakinkan. Terdapat beberapa dokumen hak paten yang merujuk pada ‘tricycle’ dari 1880 dari perusahaan Bayliss Thomas di Inggris dan Pope Manufacturing Company di Amerika Serikat (AS).


Siapa Penemu Sepeda Lipat ?


Sepeda lipat dan penemu aslinya masih menjadi kontroversi, salah satu penemuan yang dipercaya dan telah didokumentasikan menjadi penemu sepeda lipat pertama adalah seorang Amerika bernama Michael B. Ryan, patennya diajukan pada tanggal 26 Desember 1893 di amerika, dan baru dikeluarkan pada 17 April 1894 dengan nomor paten 518.330. Salah satu kutipan dari paten yang dikeluarkan itu berbunyi “Prinsip dari penemuan saya ini adalah untuk memproduksi sepeda, dibuat sehingga dapat dengan mudah dilipat dan dengan demikian tidak menghabiskan tempat bila tidak digunakan atau bila diangkut atau disimpan.”

Pria Inggris William Grout juga diyakini sebagai penemu sepeda lipat  di 1878 namun kemudian temuannya berupa roda depan lipat dan rangka yang bisa dibongkar membuatnya lebih dikenal sebagai sepeda ‘portabel’. Pada 1980, dua peristiwa signifikan sejarah seli terjadi. Pertama, Andrew Ritchie mulai memproduksi seli Brompton di 1981. Kemudian di 1982, Dr David Hon mulai memproduksi sepeda lipat Dahon pertama. Kedua merek ini sangat terkenal hingga kini. Dahon sendiri menjadi pembuat sepeda lipat terbesar dunia dengan penguasaan pasar 60%. Sepeda lipat pertama Hon disebut ‘Da Bike’. Seiring waktu, popularitas sepeda lipat makin dikenal terutama di Eropa, Asia dan kota besar AS.
Sepeda Lipat Untuk Keperluan Perang dan Militer Sepeda LipatSepeda lipat (Folding Bike) tak hanya diminati oleh para pekerja kantoran di kota-kota besar. Sepeda ini karena kepraktisan dalam pengoperasian dan juga mudah dibawa membuat kalangan militer seperti pasukan Green Baret untuk menggunakan sepeda lipat sebagai “Alutsista” tambahan. Sepeda lipat versi paratrooper biasa diterjunkan dari pesawat angkut bersama pasukan penerjun di daerah-daerah operasi. Saat ini terdapat lebih dari 100 pembuat sepeda lipat dan jumlahnya terus bertambah. Kesimpulannya, itulah sejarah sepeda lipat.

0 Comments

Post a Comment