Biodata Marc Marquez


Biodata


Nama : Marc Marquez Alenta
Nomor : 93
Tanggal Lahir : 17 Februari 1993
Tinggi : 168 cm
Berat : 59 kg


Perjalanan Karir




Marc Márquez lahir di Spanyol 17 Februari 1993. dia mengawali debut pertamanya sebagai pembalap kelas 125cc pada tahun 2008. podium pertama nya dia peroleh pada saat balapan berlangsung di Donington Park, Inggris. dan sekaligus menjadi orang termuda Spanyol (15 tahun dan 127 hari) untuk mendapatkan podium, mengalahkan Rekor yang Dibuat oleh Dani Pedrosa. Pada tahun 2009 ia menjadi pembalap termuda Spanyol yang mendapat posisi pole pada Grand Prix Prancis (16 tahun dan 89 hari). Dan untuk pertama kalinya menang tahun 2010 di sirkuit Mugello, Italia. Pemilik nomor motor 93 ini juga merupakan calon juara Moto 2 kelas 500 cc yang diunggulkan pada musim 2012 ini.


“Bersaing di MotoGP adalah impian saya, ada banyak pembalap terbaik di sana seperti Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Saya harap Rossi masih tetap bertahan di sana saat saya bergabung di kelas itu karena dia adalah salah satu rider terbaik dalam sejarah MotoGP dan saya akan senang sekali jika bisa membalap dengan dia,” tutur Marquez dikutip motogp.com.

Marquez sempat menjadi kandidat juara dunia Moto2 musim 2011. Sayang, ambisinya untuk merengkuh gelar dalam debutnya di kelas tersebut harus pupus. Ini karena absen pada seri terakhir di Valencia, menyusul gangguan pada matanya akibat kecelakaan saat latihan pada seri sebelumnya, di Sepang, Malaysia.

Marc Marquez telah menanda tangani kontrak dengan Repsol Honda Team untuk jangka waktu dua tahun kedepan bersama tim pabrikan Honda menggantikan juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner yang telah pensiun tahun ini sekaligus menjadi rekan setim dengan Dani Pedrosa.


2008 : World Championship debut
13th 125cc World Championship
2009 : 8th 125cc World Championship
2010 : 125cc World Champion
2011 : 2nd Moto2 World Championship
2012 : Moto2 World Champion


Sukses di sirkuit 125cc, Marquez langsung menaikkan levelnya ke kelas Moto2 (600cc). Atlet balap 20 tahun ini kembali tampil gemilang di medan barunya. Meskipun sukses finish di urutan pertama kompetisi terakhir musim 2011, ia harus rela kalah dari saingan terberatnya %Stefan Perbedaan 23 poin membuatnya rela berada di urutan kedua musim itu. "Di Moto2, saya belajar banyak hal. Di 125cc berbeda karena Anda bisa all-out dari start sampai finish, tapi di Moto2, Anda perlu mempelajari ban, dan beradaptasi," sahut Marquez. "Kami belajar banyak hal."

Penampilan Marquez di kelas Moto2 yang apik membuatnya beberapa kali dikabarkan segera menaikkan kelasnya ke MotoGP. Namun hal itu dibantahnya dengan memperpanjang kontrak Moto2 untuk musim 2012. Ia pun sukses meraih gelar juara musim itu dengan meraih 324 poin.

12 Juli 2012, Marquez mengumumkan kepindahannya ke kelas MotoGP. Dirinya didapuk mendampingi Dani Pedrosa sekaligus menggantikan posisi Casey Stoner yang memutuskan pensiun muda. Kompetisi perdana Marquez sebagai pembalap MotoGP terjadi, 7 April 2013 di sirkuit Qatar. Sulung dari dua bersaudara ini mengaku senang bisa debut di MotoGP. Alasannya bukan saja karena bisa menjajal kemampuan di level lebih berat tapi ia juga berkesempatan adu salip dengan idolanya sejak kecil, Valentino Rossi.

"Aku menyimpan beberapa model motor milik Valentino di kamarku," kata pembalap Honda berusia 20 tahun ini. "Luar biasa berada di sana (Qatar), bertarung melawan idola. Dia menyalipku dan aku menyalip dia. Pada akhirnya dia yang menang, namun kami belajar dari situ."

Marquez mengawali musim perdana MotoGP-nya dengan bagus. Itu terbukti dari dari empat gelar juara yang ia torehkan di Jerman, Amerika Serikat, Indianapolis dan Ceko. Dia juga tercatat mengantongi 298 poin dan diprediksi akan meraih gelar juara musim perdananya ini. Meski begitu prestasi tersebut merupakan sesuatu yang tidak terduga baginya. Pasalnya, Marquez awalnya hanya menargetkan raih posisi ketiga di musim 2013. Gaya balapan Marquez yang dikenal agresif tidak hanya membawanya juara. Ia menjadi sorotan akibat insiden terjatuhnya Pedrosa di Sirkuit Aragon, 29 September 2013. Dari hasil persidangan dengan Race Direction, Marquez dijatuhi sanksi pengurangan satu poin.

Aksinya di lintasan juga mengundang perhatian rekan sesama pembalap. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi juga beberapa kali pernah mengingatkan Marquez agar tidak terlalu ngotot di musim debutnya. Sementara itu, Casey Stoner sempat mengecam suksesornya itu tak memiliki hormat terhadap lawan dan pembalap senior. 10 November 2013 jadi hari penting bagi pemilik julukan Baby Alien ini. Meski hanya finish di urutan ketiga GP Valencia, Spanyol, Marc Marquez sukses menyabet gelar juara dunia MotoGP pertamanya. Gelar tersebut sekaligus membuatnya menjadi juara dunia termuda sepanjang masa. Marquez yang masih berusia 20 tahun mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Fredie Spencer. Fredie tercatat berhasil menjadi juara dunia di usia 21 tahun.

0 Comments

Post a Comment