Sejarah Tokopedia



Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet asal Indonesia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Inspirasi pendirian Tokopedia ini muncul dari pengalaman founder Tokopedia yang dulu juga tergabung kedalam komunitas Cafe Gaul yang melihat permasalahan banyaknya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online. Bermodalkan pengalaman selama menjadi anggota di Cafe Gaul tersebut, akhirnya founder Tokopedia memanfaatkan masalah tersebut menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat potensial. Perjalanan Tokopedia tidak semudah yang dibayangkan, kantornya pun tidak seperti sekarang, dan hanya ada beberapa tim saja yang bekerja di Tokopedia. Ide yang muncul dari tahun 2007, ternyata belum bisa terealisasi dengan baik. Namun semangat dari founder dan tim yang solid, Tokopedia tetap konsisten berada di jalurnya dan pada akhirnya Tokopedia resmi dirilis ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009. Semangat founder dan tim Tokopedia tidak berhenti disitu saja, ini terbukti dari sulitnya mencari investor untuk Tokopedia, namun banyaknya penolakan yang dialami tidak memutuskan semangat tim Tokopedia. Ini terbukti pada tahun 2014, Tokopedia bisa memecahkan rekor nilai investasi di Asia Tenggara dengan mendapatkan seed funding (pendanaan awal) mencapai 100 juta USD atau setara dengan 1,2 triliun rupiah dari investor ternama dunia (SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital) mereka adalah investor di balik kesuksesan Google. Hingga tahun 2015 Tokopedia mendapatkan banyak penghargaan seperti Marketeers of the year untuk E-Commerce. Bisa dilihat bagaimana kerja keras tim Tokopedia selama hampir 5 tahun membuahkan hasil yang sangat fantastis khusunya untuk bisnis marketplace di Indonesia.



Sekarang kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata TOKOPEDIA. “Oh situs belanja online itu ya?”, “Oh yang bisa jual beli di internet ya?”, Atau “Oh yang ada Isyana Sarasvati nya?”. Beragam komentar yang sudah melekat di masyarakat ini menandakan bahwa Tokopedia sudah semakin dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Tapi sebenarnya, arti kata Tokopedia itu sendiri apa ya? Mungkin tidak banyak yang tahu makna dibalik kata tersebut. Berangkat dari ide yang diperoleh oleh founder Tokopedia (William Tanuwijaya) ketika sedang naik ojek dari kantor menuju rumahnya, kata Tokopedia kemudian tercetus. Itupun setelah mengalahkan kandidat lainnya yang sempat terlintas sebelumnya. Mulai dari belanjaaman.com, indowebster.com, sampai kopaja.com. Kata ensiklopedia merupakan dasar dari pemilihan kata Tokopedia itu sendiri. Toko dan Ensiklopedia = Tokopedia, kombinasi kata mutakhir yang saat ini menjadi hot topic di masyarakat Indonesia. Harapannya dengan nama Tokopedia, masyarakat Indonesia yang ingin melakukan belanja di toko online, akan langsung teringat dengan kata Tokopedia. Setelah pembahasan panjang para founder, akhirnya nama Tokopedia inipun langsung diresmikan domainnya pada 30 Mei 2008.

B. Visi dan Misi


Visi PT. Tokopedia adalah menjadi penyedia sarana transaksi online yang tersebar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.
Dalam mencapai Visi yang telah dibuat, maka PT.Tokopedia membuat misi perusahaan, yaitu:

Menggunakan teknologi terkini dari web dan internet secara tepat.
Memperkuat produk dan layanan dari tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.
C. Struktur Organisasi
Perusahaan Tokopedia memiliki berbagai tim divisi untuk mencapai tujuan dari perusahaan ini, oleh karena itu tidak akan lepas dari struktur organisasi di dalamnya . Berikut struktur kepegawaian dari perusahaan Tokopedia :

0 Comments

Post a Comment