Peringatan Hari Ayah Nasional


Hari Ayah Nasional diperingati tanggal 12 November pada setiap tahunnya. Hari Ayah Nasional ditetapkan di Solo pada tahun 2006 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat beliau masih menjabat sebagai Presiden RI. Hari Ayah Nasional (HAN) 12 November bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Saat ini (2017), perayaan Hari Ayah Nasional 12 November belum sepopuler dan seramai perayaan Hari Ibu 22 Desember.

Pelopor Hari Ayah Nasional Indonesia bukanlah kaum pria, melainkan sekelompok wanita yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tanggal 12 November 2006 di Pendapi Gede Balaikota, Solo, Jawa Tengah, yang menggelar Deklarasi Hari Ayah Nasional. Deklarasi ini juga digelar bersamaan oleh para anggota PPIP di Maumere, Flores, Nusa Tengara Timur.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan Piagam Deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta beberapa bupati di 4 wilayah Indonesia, Sabang, Merauke, Pulau Rote, dan Sangir Talaud.

Sekitar 90 tahun yang lalu, di Kota Spokane, sebuah kota kecil di negara bagian Washington, Amerika Serikat, ada seorang perempuan yang sedang mendengarkan wejangan tentang Hari Ibu. Nama perempuan itu adalah Sonora Louise Smart Dodd. Ketika itu ia merasa sangat gundah. Pasalnya, ia tidak memiliki figur seorang ibu dalam keluarganya, ibunya sudah lama meniggal dunia saat melahirkan saudaranya yang keenam. Karena itu, ayah Sonora yang adalah seorang veteran perang sipil bernama William Smart, menjadi orang tua tunggal bagi Sonora dan keenam saudaranya. Mereka tinggal di kawasan perdesaan di bagian Timur negar bagian Washington.

Nggak aneh 'kan kalau Sonora justru berpikir hala yang lain ketika ia mendengarkan wejangan tentang Hari Ibu. Ia bertanya-tanya, kenapa sih nggak ada Hari Ayah? Padahal ia sangat paham kalau ayahnya selama ini berjuang setengah mati untuk keluarganya, berperan sebagai ibu dan bapak. Masa sih tidak ada penghargaan khusus sebagai rasa terima kasih untuk ayahnya dan ayah-ayah yang lain?

Pikiran itu terus menggelayut dalam kepalanya hingga pada tahun 1909, Sonora mengusulkan sebuah hari untuk menghormati ayahnya yang lahir pada 5 Juni. Hari itu dinamakan sebagai Hari Ayah. Usulan itu memperoleh dukungan dari masyarakat. Tapi, Hari Ayah yang pertama baru dipenringati pada 19 Juni 1910 di Spokane, Washington.

Meskipun sebagian dari orang Amerika meyakini bahwa peringatan Hari Ayah pertama kalinya justru diadakan di Gereja Central Methodist di Fairmont, West Virginia, Amerika pada tahun 1908. Acara yang dicetuskan oleh Grace Golden Clayton itu ditunjukan untuk memperingati 361 laki-laki yang telah meniggal dalam sebuah peristiwa ledakan hebat di Monongah, yang sebagian besar adalah imigran dari Italia yang juga seorang ayah.

Salah seorang yang mendukung terwujudnya Hari Ayah adalah Harry C. Meek. Ia adalah Presiden Lion Club Chicago yang semasa kecilnya juga hanya diasuh oleh ayanya. Ia berkampanye ke seluruh Amerika, menyampaikan tentang perlunya sebuah Hari Ayah untuk menghormati dan memperingati peranan seorang ayah dalam keluarga. Hingga pada tahun 1920, Lion Club Amerika menganugrahkanjam emas kepad Harry sebagai Orginator of Father Day.

Pada tahun 1966, Presiden Lyndon Johnson-presiden Amerika ke-36 mempriklamirkan Hari Ayah sebagai hari nasional yang diperingati setiap hari Minggu ketiga bulan Juni. Kini Hari ayah diperingati di seluruh dunia dengan tradisi masing-masing negara.


Sumber : I Love You Dad 

Terbitan : Grasindo

Sunting by : MJ

0 Comments

Post a Comment