Sejarah Tercipta Mobil Merek Hyundai di Dunia

                                 

Lahir dari sebuah perusahaan kontruksi yang didirikan oleh Chung Ju Yung pada tahun 1947, Hyundai Motor Company (HMC) kini berkembang menjadi salah satu produsen mobil dunia asal Asia terbesar setelah Jepang. Dalam bahasa Korea, kata "HYUNDAI" berarti 'Modern' atau 'Jaman Sekarang'. Atau 'yang selalu update dan mengikuti perkembangan jaman'.

Bagimana Hyundai mulai masuk beroperasi di Indonesia?


PT.HYUNDAI MOBIL INDONESIA sebagai distributor tunggal dan PT HYUNDAI INDONESIA MOTOR sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), telah berdiri sejak tahun 1995. Kala itu, kehadiran keduanya, membuat pasar mobil di Indonesia semakin marak di tengah dominasi produk asal Jepang dan Eropa.


Icon Logo Hyundai


Produk perdananya yang dikenalkan Hyundai kepada konsumen Indonesia adalah Hyundai Elantra 1.6 DOHC, momen bersejarah tsb jatuh pada tgl. 14 Juli 1995. Setahun kemudian, pada 23 Juli 1996, Hyundai Accent 1,5 SOHC pun menemani eksistensi Hyundai Elantra. Produk produk unggulan Hyundai lainnyapun bermunculan seiring berjalannya waktu. Sebut saja pelopor City Car di Indonesia, Hyundai ATOZ, disusul Hyundai Verna, Hyundai Grandeur, Hyundai Matrix, Hyundai Trajet, Hyundai Santa Fe hingga Hyundai Coupe. Tidak heran bila pusat perakitan Hyundai di kawasan pondok Ungu, Bekasi yg tadinya berdiri di atas tanah seluas 8 hektar, kini sudah meluas menjadi 13 hektar. Secaea global ditetapkannya Indonesia sebagai basic production Hyundai H-1 untuk pasar ASEAN.


Alur Hyundai di Indonesia


Eksistensi Hyundai di akui oleh pasar mobil di Tanah air. Media massa memberikan penghargaan pada beberapa produk Hyundai. Sebut saja Hyundai i10 yg dinobatkan sbg Best City Car dan Hyundai i20 yg mendapat gelar Best Compact Hatchback versi AutoBild Award 2009.

Predikat terhormat juga disandang H-1, bahkan premium MPV ini terbilang paling banyak meraih Award sejak kehadirannya pada 2008. Mulai predikat Best Big MPV(AutoBild Award 2008-2009), Favorit Large MPV(AutoCar Reader's Choice Award 2009) dan The Best Transport(Otomotive Award 2009), The Best Big MPV(Top Gear Award 2009) dan The Best Turning Car IIMS(Motor Drive Award 2009).

Hyundai melangkah pasti dari tahun ke tahun. Gerak ini ditandai dengan semakin banyaknya prestasi yg diukir di pasar lokal maupun internasional. Di Indonesia, melalui produk H-1 banyak meraih award dari bbrp media otomotif ternama di tanah air. Hal inilah yg kemudian mendorong PT. HMI utk memproduksi H-1 versi CKD di Indonesia dan sekaligus sebagai basis produksi pasar ASEAN. Langkah ini sebagai pembuktian tekat Hyundai untuk fokus menjadi pemain global di dunia otomotif.

Hyundai Motor Company selalu berusaha maximal utk bersaing di dunia otomotive global. Komitmen ini membuat perkembangan Hyundai begitu pesat dan membuatnya menjadi salah satu pabrikan oromotif dunia yg disegani para kompetitornya. Tidak hanya melalui inovasi yg gencar dilalukan tetapi juga menjaga kwalitas produk secara ketat.

Didukung manajemen berbasis tekhnologi kualitas tinggi serta sikap konsisten untuk menjadi pemain global di dunia otomotif, mampu mendorong Hyundai menduduki posisi ke 5 pada penghargaan 2010 World's Most Admire Companies kategori perusahaan otomoti menurut FORTUNE Magazine. Tdak ketinggalan memberi pengakuan yg membanggakan adalah lembaga riset internasional "J.D.Power". Yakni dengan menempatkan Hyundai pada urutan 4 besar di tahun 2009 atas kategori kualitas mobil baru yg telah dimiliki konsumen selama 90 hari.

Referensi


https://hyundaimobil.co.id/company_profile

http://sejarahhyundai.blogspot.com/2012/07/sejarah-hyundai-indonesia-1995-2010.html

0 Comments

Post a Comment