Sejarah dari PS1 Sampai PS5


                               

1. PlayStation - 1994



Sony pertama kali terjun pasar konsol pada tanggal 3 Desember 1994 dengan merilis PlayStation.Konsol ini menjadi konsol generasi pertama yang dimiliki oleh Sony. konsol ini telah lebih dulu diperkenalkan lewat ajang Consumer Electronics Show (CES) 1991 lalu dengan nama Play Station atau Super Disc.

PlayStation diluncurkan di Jepang setelah Sega merilis Sega Saturn. Hasilnya, penjualan konsol PlayStation berhasil sukses dengan antrean panjang di toko-toko. Di mana Sony menjual 100.000 unit pada hari pertama, dan kemudian dua juta unit setelah enam bulan di pasar. Sampai akhir tahun 1996, tercatat kalau lebih dari 400 judul game yang telah dikembangkan untuk konsol PlayStation.


2. PlayStation One - 2000



Enam tahun berikutnya, Sony merilis generasi PlayStation selanjutnya yang dinamai PlayStation One (PS One). PS One memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya.  Yang berbeda adalah ukuran dan warnanya. Jika sebelumnya PlayStation memiliki warna abu-abu, maka pada PS One Sony menggantinya dengan warna putih. S One terakhir dijual pada akhir tahun 2006, di mana konsol generasi pertama tersebut mencetak angka penjualan sebanyak 102 juta unit. Bersamaan dengan berakhirnya produksi PlayStation dan PS One, Sony juga mengumumkan kehadiran PlayStation 3.


3. PlayStation 2 - 2000


Setelah Sega merilis konsol Sega Dreamcast, Sony juga mengumumkan generasi kedua PlayStation, yaitu PlayStation 2 di Tokyo Game Show 1999 lalu. Hingga akhirnya PS2 dirilis pada Maret 2000 untuk wilayah Jepang lebih dulu, menyusul wilayah Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2001. PS2 hadir dengan kombinasi warna hitam dan biru ini mengambil konsep bumi dan luar angkasa. Tercatat telah ada lebih dari 3.800 judul game yang dirilis untuk konsol PS2, dengan lebih dari 1,5 miliar unit terjual di seluruh dunia. Sony telah resmi menutup dukungan teknis dan perawatannya pada tahun 2018. PlayStation 2 menjadi produk laris milik Sony yang sampai saat ini masih dimainkan oleh banyak orang. Penjualan PlayStation 2 meledak hingga mencapai angka 155 juta unit.


4. PlayStation 2 Slim - 2004



Pada bulan September 2004, Sony meluncurkan versi baru untuk PlayStation 2, yakni PS2 Slim. Pada akhir Oktober 2004, Ini merupakan versi ramping, lebih tipis, dan lebih tenang dari versi PS2 Fat. Karena lebih tipis, PS2 Slim ini tidak mendukung hard disk drive internal. Konsol generasi ini juga tidak memiliki catu daya internal, sehingga membuatnya lebih tenang dibandingkan PS2 Fat. PS2 Slim tidak memiliki perbedaan spesifikasi dibandingkan PS2 Fat. Hanya saja, PS2 Slim sudah dibekali dengan port Ethernet dan mendukung fitur multitap. PS 2 slim memiliki bobot 600 gram


5. PlayStation Portable - 2004


Perkembangan perangkat mobile saat itu sangat pesat. Melihat Nintendo yang sukses dengan handheld Nintendo DS, Sony akhirnya merilis versi serupa bernama PlayStation Portable (PSP). Meski PSP tidak mampu mencetak penjualan sebanyak konsol, namun kemunculannya berhasil membuktikan kalau Sony juga bisa membuat sebuah perangkat handheld berkualitas. Selain itu, penjualan PSP juga tidak terlalu buruk, tercatat kalau PSP berhasil terjual lebih dari 70 juta unit.


6. PlayStation 3 Fat - 2006


Pada tahun 2006 Sony akhirnya merilis PlayStation 3 (PS3) di Jepang. Konsol generasi ketiga ini membawa sejumlah pembaruan yang cukup signifikan. Selain menampilkan grafis yang lebih baik karena ditunjang dengan spesifikasi yang dimiliki. Kontroler DualShock 3 pada PS3 juga sudah nirkabel. PS3 memiliki para pesaing kuat pada zaman peluncurannya. Bahkan, hingga kini kompetitor PlayStation masih gencar bersaing dengan Sony. Kompetitor PS3 pada kala itu seperti Xbox 360 dari Microsoft, dan Wii dari Nintendo. Para pengguna sudah tidak menemukan lagi fitur memory card karena PS 3 sudah dibekali hard disk di dalamnya dengan kapasitas hingga 250 GB.


7. PlayStation 3 Slim - 2009


banyak gamer yang meminta Sony untuk menghadirkan versi Slim. Permintaan tersebut akhirnya terwujudkan dengan merilis PS3 Slim pada tahun 2009. Versi PS3 Slim ini lebih ramping dan memiliki konfigurasi hard drive 120 GB, 160 GB, 250 GB, atau 320 GB. Selain itu, PS3 Slim memiliki ukuran 32% lebih kecil, 36% lebih ringan, dan mengonsumsi daya 34% lebih sedikit daripada model sebelumnya.

Tapi pada versi PS3 Slim ini Sony telah menghentikan fitur compability backwards PS2 karena dinilai membuat penjualan PS3 tidak sukses. Versi PS3 Slim ini menjadi favorit karena desainnya yang dinilai lebih baik dari model Fat atau Super Slim. Bahkan dari segi daya tahan


8. PSP Go - 2009


Ketika era ponsel pintar mulai merebak, akhirnya Sony juga merilis handheld PSP Go. Berbeda dengan PSP sebelumnya, handheld yang rilis tahun 2009 ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan memiliki konsep slide guna memberikan pengalaman bermain yang lebih nyaman. Sayang, konsol ini tidaklah sukses di pasaran. Untuk memainkan gamenya, para pemain harus membelinya secara online dengan harga penuh. Padahal gamenya masih serupa PSP sebelumnya sehingga banyak dari mereka memilih untuk tetap setia pada PSP. PSP Go berhenti diedarkan pada 2011.


9. PS Vita - 2011


Tahun 2011 , Sony merilis handheld terbarunya yang bernama PS Vita di Jepang. Berbeda dengan PSP, handheld ini dapat memberikan grafis yang lebih tajam hingga bisa memainkan game yang lebih indah. Sebagai fitur tambahan dari PSP, Vita memiliki dua analog sticks yang terpasang pada bagian kiri dan kanan dengan didukung fitur format kartu PS Vita. PS Vita juga hadir dengan fitur Remote Play yang memungkinkan pengguna PS3 dan PS4 bisa memainkan game lewat handheld tersebut.


10. PlayStation 3 Super Slim - 2012


Sony memperkenalkan varian model terbaru dari konsol andalan mereka, yaitu Playstation 3 (PS3) Super Slim. Sony tidak mengubah spesifikasi jeroan Playstation 3, hanya mengubah bentuknya menjadi lebih langsing dibandingkan pendahulunya. Playstation 3 Super Slim hadir dengan ukuran 50% lebih kecil dari Playstation 3 original dan 25% lebih kecil daripada PS3 Slim.


11. PlayStation 4 - 2013


Di tahun 2013, Sony merilis konsol generasi keempat miliknya yaitu PlayStation 4 . Untuk konsol yang rilis tahun 2013, PS4 masih menjadi konsol yang cukup mumpuni untuk memainkan game terbaru. PS4 sudah menggunakan teknologi yang luar biasa. Prosesor yang digunakan adalah AMD Jaguar x86-64 eight core. Lalu ada chip prosesor kedua juga buat memperlancar multitasking yang membuat pengguna bisa main sambil meng-update atau download game terbaru.


12. PlayStation 4 Slim - 2016


Setelah tiga tahun menjual PS4 Fat, akhirnya Sony menghadirkan varian PlayStation 4 (PS4) Slim pada tahun 2016. Seperti namanya, varian Slim ini merupakan varian yang paling kecil dan ramping. Sony juga menerapan desain yang lebih sederhana, di mana panel glossy sudah tidak disertakan lagi, dan power button diganti menjadi physical power button sehingga tidak akan mudah untuk tersentuh lagi. Di versi ini kita tidak bisa lagi melihat garis cahaya biru saat PlayStation 4 slim ini dinyalakan. Ukuran dan beratnya juga paling kecil dibandingakan dua varian lainnya


13. PlayStation 4 Pro - 2016

Era grafis 4K dan HDR membuat Sony untuk menciptakan konsol varian tertinggi yaitu PlayStation 4 Pro pada tahun 2016. PlayStation 4 Pro yang bisa dibilang merupakan tipe paling mahal diantara ketiganya. Karena tipe ini memiliki spesifikasi hardware yang lebih kuat sehingga menawarkan performa jauh melampaui dua varian konsol lainnya.

Playstation 4 Pro memiliki Bentuk hampir menyerupai PlayStation 4 Slim, namun ada lapisan baru di tengahnya . Sama seperti versi slim, tipe ini juga menggunakan physical power button dan panel glossi juga tidak disertakan lagi.


14. PlayStation Classic - 2018


Ditahun 2018 Sony merilis PlayStation Classic.

Sony mengikuti jejak Nintendo yang meluncurkan kembali konsol orisinilnya dalam versi mini, yaitu NES dan SNES Classic. Dibanding versi orisinil, PlayStation Classic 2018 memiliki ukuran 45 % dari versi aslinya.  Desain dan warnanya masih sama dengan konsol PS tahun 90-an. namun ada beberapa fitur yang diperbarui.


15. PlayStation 5 - 2020


Akhirnya di tahun 2020 , Sony merilis konsol generasi kelima miliknya, yaitu PlayStation 5 (PS5). Konsol ini disebut Sony akan memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Xbox Series X.  PS5 dilengkapi prosesor dan GPU custom dari AMD, yang menggunakan arsitektur Zen 2 serta RDNA 2. CPU-nya sama-sama memiliki 8 core, dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hingga 10.28 TFLOPS. Selain itu, PS5 juga dilengkapi RAM sebesar 16 GB serta SSD 825 GB yang bisa ditambah dengan SSD jenis NVMe.

Ada beberapa game yang bakal dirilis untuk PlayStation 5. saat ini ada beberapa judul game yang telah diumumkan, di antaranya yaitu Godfall, The Lord of the Rings: Gollum, Watch Dogs: Legion, Gods and Monsters, Rainbow Six Quarantine.


CPU Utama


R3000A-compatible (R3051) 32bit RISC chip dengan kecepatan 33.8688 MHz. Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dengan lisensi teknologi dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompresi Data (Data Decompression Engine).


Fitur :


Performa Operasi (Operating Performance) 30 juta instruksi per detik (MIPS).

Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s.

Instruction Cache 4 KB.

Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat).

Mesin Transformasi Geometri ( Geometry Transformation Engine )

Terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.


Fitur 


Performa Operasi (Operating Performance) 66 juta instruksi per detik.

360,000 Flat-Shaded Polygons per detik.

180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber cahaya setiap detik (texture mapped and light-sourced polygons).

Mesin Dekompresi Data ( Data Decompression Engine )

Juga terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro, menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makro blok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan, sayangnya instruksi internal MDEC tidak pernah didokumentasikan.

Fitur 


Kompatible dengan file MPEG1 dan H.261.

Performa Operasi (Operating Performance) 80 juta instruksi per detik.

Terhubung langsung dengan Bus CPU.

Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)

Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik 2 dimensi.


Fitur :


Maksimum 16.7 juta warna.

Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480.

Memiliki frame buffer yang bisa diatur.

Unlimited Colour Lookup Tables.

Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dengan individual scaling and rotation.

Dapat menangani latar belakang simultan (untuk parallax scrolling).

Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan texture mapping.

Suara (Audio)

Chip ini menangani proses suara (audio).


Fitur 


Dapat menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate.

Dapat melakukan efek digital termasuk Pitch Modulation, Envelope, Looping, dan Digital Revert.

Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb.

Mendukung instrumen MIDI.

Format nama file PC : .PSF.

Memori

RAM Utama : 2 Megabytes (4 Megabytes untuk Blue Console).

Video RAM : 1 Megabytes.

Sound RAM : 512 Kilobytes.

CD-ROM Buffer: 32 Kilobytes.

Operating System ROM : 512 Kilobytes.

PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dalam EEPROM.

CD-ROM

Fitur 


Two Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s.

XA Compliant.


Referensi

https://emdeen-1.blogspot.com/2020/09/sejarah-playstation-selama-25-tahun.html

http://ps-ibey.blogspot.com/


0 Comments

Post a Comment